Jum'at, 28 Maret 2008









 
  Kantor Pusat
Kompleks Perkantoran Buncit Mas Blok B No.12
Jl. Mampang Prapatan Raya No.108
Jakarta Selatan 12760
Telp. (021) 794-6390
Fax. (021) 794-6392
email.
info@indoarsip.co.id
www.indoarsip.co.id
 

Arsip adalah rekaman kegiatan atau peristiwa dalam berbagai bentuk  dan media sesuai dengan perkembangan Teknologi Informasi dan Komunikasi yang dibuat dan diterima oleh lembaga negara, pemerintahan daerah, lembaga pendidikan, perusahaan, organisasi kemasyarakatan, dan perseorangan dalam pelaksanaan kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara.  Hal ini disampaikan Direktur Kearsipan Pusat, Drs. M.Taufik, M.Si  pada pembukaan pelatihan penyusunan Instrumen Sistem Informasi Kearsipan Dinamis (SIKD) yang diselenggarakan ANRI, Rabu hingga Jumat tanggal 22 s.d 24 Mei 2013 di Park Hotel, Jakarta.

Pelatihan yang dibuka oleh Kasubdit Kearsipan Pusat II, Dra. Diah Tjaturini, MM tersebut diikuti oleh tiga Universitas yaitu Universitas Andalas (Unand), Universitas Jenderal Soedirman (Unsoed) dan Universitas Sebelas Maret (UNS). Masing-masing perguruan tinggi tersebut mengirimkan 7 orang stafnya di bidang pengarsipan dan humas. Bagi Unand kegiatan ini merupakan tindaklanjut atas kunjungan ANRI ke Unand tanggal 19 Maret 2013 lalu.

Pemaparan tentang Implementasi Arsip Perguruan Tinggi dalam SIKD disampaikan oleh Kasubdit Penyimpanan Arsip Konvensional, Drs.Agus Santoso. Beliau menjelaskan bahwa Pengelolaan arsip dinamis dimulai dari tahap penciptaan hingga penyusutan, yang pelaksanaannya secara sistematis mengacu pada rancang bangun dan pengoperasian yang terpadu antara sistem kearsipan dan sistem kearsipan organisasi dalam pengelolaannya sebagai suatu sistem.

Sementara itu tentang Aplikasi SIKD disampaikan oleh Sutiana. Sistem Pengolahan Arsip berbasis Teknologi Informasi atau yang dikenal dengan nama SIKD adalah suatu aplikasi yang dirancang untuk menangani pengelolaan arsip dinamis di lingkungan Instansi/Lembaga. Aplikasi ini adalah web based application dan bersifat multi user. Bahasa pemrograman yang dipergunakan dalam aplikasi ini adalah PHP dan menggunakan database MYSQL.

Hari kedua pelatihan dilanjukan dengan penyusunan instrumen SIKD atau yang dikenal dengan Norma Standar Prosedur dan Kriteria (NSPK). Setiap universitas peserta pelatihan dipandu oleh staf ANRI. Penyusunan Instrumen SIKD Unand di pandu oleh Karuniatun Tigawati, SH, Dodi Setiawan, Bayu Hadi Wibowo, A.M.d, Novia Elita, SH dan Mieky Sofyan Yudinata, S.Kom. Instrumen SIKD yang harus disusun antara lain, Tata naskah dinas, Klasifikasi Arsip Substantif, JRA Substantif, dan Klasifikasi Keamanan dan Akses Arsip Dinamis Substantif.

Diharapkan dengan instrumen yang telah disusun pada pelatihan tersebut dapat disempurnakan dan SIKD dapat diaplikasikan. Dan untuk penerapan program tersebut ANRI merencanakan untuk menindaklanjutinya di ketiga Universitas peserta pelatihan kali ini pada pertengahan tahun ini. Diharapkan dengan rangkaian kegiatan yang telah diselenggarakan ANRI dalam hal pengelolaan kearsipan diperguruan tinggi khususnya Unand, dapat memperbaiki sistem pengelolaan arsip di Unand menjadi lebih baik. 

 

Article diperoleh dari:  Website Universitas Andalas (http://www.unand.ac.id/id/berita/universitas) pada tanggal 19 July 2013.

 



 

Copyright 2008 - design and Hosting@faberhost.com